Cara Membeli Makanan Sehat Tanpa Membaca Label Nutrisi

Pilihlah Yang bersih Pada Seluruh Bagian

healthy-food-packagingVegan? Lemak tinggi? Bebas gula? Begitu banyak klien saya mengeluh tentang betapa sulitnya untuk memenuhi kebutuhan makanan yang sehat hari ini, terutama ketika mereka hendak membeli dalam bentuk kemasan. Seringkali mereka tidak yakin dengan apa yang ditunjukkan oleh label nutrisi, dan sering terkejut ketika makanan yang ingin dibeli ternyata tidak memenuhi kandungan nutrisi yang diharapkan.

Untuk membantu tentang ini, saya menyarankan klien saya untuk mengingat 3 langkah dalam memilih dan menikmati makanan kemasan dengan baik. Continue reading

Mitos: Konsumsilah Protein Lebih Banyak Jika Anda Bekerja Secara Teratur

proteinKita tahu bahwa protein membantu tubuh memperbaiki dan membangun jaringan otot, sehingga tampak masuk akal untuk menambahkan satu sendok whey pada smoothie (di Indonesia dikenal dengan jus) dan melipat gandakan jumlah daging ayam dalam mangkuk makan setelah berolahraga. Tapi sebenarnya kita telah mendapat cukup nutrisi tanpa penambahan tersebut. Menurut Katie Cavuto, R.D., ahli gizi olahraga di Philadelphia, wanita aktif membutuhkan sekitar 1,2-1,6 gram protein per kilogram berat badan per hari. Jadi bila berat badan anda 55 kg, maka kebutuhan protein adalah 66-88 gram per hari. Menurut Vandana Sheth, R.D., seorang ahli diet berbasis di Los Angeles dan juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, konsumsi protein yang berlebih tidak menambah kegunaannya bagi tubuh. Bahkan, kalori tambahan mungkin akan disimpan sebagai lemak. Continue reading

Anak Meniru Makanan yang Disukai Orangtuanya

anakBanyak orangtua hampir putus ada ketika anak-anak mereka sangat pilih-pilih makanan. Terutama jika anak tidak mau makan sayur dan buah. Jangan bingung mencari penyebabnya. Cobalah berkaca pada diri sendiri dulu, apakah selama ini makanan yang diberikan pada anak jarang menjadi menu makanan orangtua.

Ada penelitian yang membuktikan hal itu. Para psikolog dari UC Santa Barbara menemukan, anak ternyata memang meniru kebiasaan makan orangtuanya dan orang-orang di sekitarnya.

Jadi, jangan heran jika orangtua tidak suka sayur atau setidaknya jarang makan sayur dan anak pun demikian. Continue reading

5 Manfaat Sehat Konsumsi Jamur

jamurJamur selain enak juga mengandung banyak vitamin, mineral, dan gizi lainnya. Ini lima alasan kenapa kita harus rajin mengonsumsi jamur:

1. Kaya akan vitamin B
Vitamin B seperti riboflavin, niasin dan folat merupakan kunci untuk proses metabolisme tubuh. Beberapa jenis jamur mengandung vitamin B lebih tinggi di banding yang lain.

Oleh karena itu penting untuk mengonsumsi beragam jamur. Misalnya, jamur portobello mengandung lebih banyak folat dibandingkan jamur crimini. Sementara jamur shitake mengandung vitamin B6 dibandingkan jenis jamur lainnya. Continue reading

Sebagian Suplemen Kehamilan Tidak Bermanfaat Bagi Ibu Dan Bayi

getty_rf_photo_of_pregnant_woman_with_saladPembelian multivitamin untuk menyokong kesehatan calon ibu pada masa kehamilan hanya membuang uang karena sebagian besar calon ibu tidak membutuhkannya, menurut para peneliti.

Para peneliti mengatakan para wanita hamil mungkin merasa terdorong membeli suplemen dengan harga mahal demi memberikan nutrisi yang terbaik bagi bayi mereka.

Akan tetapi, sebagaimana dipaparkan dalam jurnal Drug and Therapeutics Bulletin,tidak semua suplemen bermanfaat.

Continue reading

Diet Karbohidrat (Nasi)

diets_lowcarbBerat badan sering kali cepat berubah, entah itu naik atau turun. Ketika berat badan yang diinginkan sudah tercapai, banyak orang yang mempertahankannya dengan menghindari makan nasi. Apakah diet dengan menghindari nasi adalah cara yang sehat dan aman?

Banyak kerancuan dan ketakutan berlebih sehubungan dengan nasi. Pada dasarnya, nutrisi yang ada pada nasi yang dapat menaikkan berat badan adalah kandungan karbohidratnya yang cenderung tinggi. Akan tetapi, masih banyak bahan makanan lain yang juga mengandung karbohidrat dalam jumlah tinggi, seperti jus buah atau buah itu sendiri. Kunci untuk menjaga berat badan ideal adalah bukan menghindari karbohidrat (yang sangat penting sebagai sumber energi dan bahan bakar utama untuk fungsi saraf), melainkan mengonsumsi asupan makanan yang sesuai dengan kebutuhan, dan dengan rasio yang benar antara karbohidrat/protein/lemak, yakni masing-masing 50%/20%/30%.

Emilia E. Achmadi M.Sc., RD
Clinical Dietitian / Nutritionist

Sumber: FEMINA

Batas Sehat Konsumsi Gula Harian untuk Anak

gula

Demi kesehatan jangka panjang sebaiknya anak usia 2-18 tahun tidak mengonsumsi gula melebihi jumlah yang direkomendasikan.

Anak-anak usia 2 sampai 18 tahun sangat dianjurkan untuk mengonsumsi gula tidak lebih dari enam sendok teh sehari-hari, menurut rekomendasi baru dari American Heart Association.

Para peneliti membatasi konsumsi gula pada anak-anak sekitar enam sendok teh atau setara dengan 100 kalori atau 25 gram.

Continue reading

Nutrisi Atau Supplement Yang Termasuk Dalam Ergogenic Aids

ergogenic aids 4Seseorang yang sedang melakukan kegiatan olahraga tentu saja ingin menunjukkan penampilan yang terbaik dalam kegiatan tersebut. Hal ini bukan hanya didominasi oleh para atlet tetapi juga diperlukan oleh kalangan masyarakat luas umumnya. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut sering kali seorang pelaku olahraga mencoba menggunakan beberapa metode yang ditujukan untuk meningkatkan penampilannya dalam berolahraga. Di dalam dunia olahraga teknik tersebut dinamakan ergogenic aids. Continue reading

Kebiasaan Makan Saat Berwisata

wisata liburan keluargaSaat berwisata adalah saat yang paling menyenangkan apalagi jika konsumsi makanan yang lezat terjamin. Cita rasa seseorang akan makanan tentu saja ditentukan oleh mata melalui indera penglihatan, hidung melalui indera penciuman, lidah melalui indera kecap dan perut yang akan mengolah makanan yang cocok dengan selera. Masalahnya seorang manusia jika diberi makanan enak, kemungkinan besar akan mencari makanan yang sama enak atau lebih enak lagi. Istilahnya “bagi saya makanan itu cuma ada 2 jenis: enak atau enak banget”.  Continue reading