Manfaat Serat Bagi Tubuh

serat 3Serat berasal dari sumber nabati contohnya nasi, kentang, singkong, ubi, sayur dan buah. Manfaat serat akan kita dapatkan selama kita konsumsi makanan yang bentuknya masih sama seperti bentuk aslinya. Artinya jika kita makan nasi ya bentuknya masih seperti beras, begitu juga jika kita makan kentang rebus, singkong rebus dan ubi rebus yang masih seperti bahan makanan aslinya. Lain cerita, pada makanan dengan kandungan beras, kentang, ubi dan singkong yang sudah diproses terlebih dahulu seperti tepung beras, tepung gandum atau terigu, tepung singkong.

Makanan tersebut telah hilang kuantitas dan kualitas seratnya. Begitu pula jika kita makan sayur dan atau buah yang dijus maupun diblender, maka kuantitas dan kualitas seratnya akan berkurang. Padahal yang kita butuhkan adalah serat, selain daripada zat gizi lain yang dikandung oleh makanan berserat di atas.

Mengapa makanan berserat itu penting? Serat akan berkompetisi di usus dengan zat gizi yang berlebih lainnya sehingga energi pada makanan tidak semuanya diserap usus dan serat adalah sumber makanan bagi bakteri normal di usus yang akan menjaga kesehatan usus sehingga akan mempengaruhi sistem imun tubuh kita.

serat 2Seberapa banyakkah kita perlu makanan berserat? WHO menganjurkan agar kita makan makanan berserat sebanyak lima kepalan tangan kita sehari. Kalau begitu, jumlahnya berbeda-beda tiap orang karena besar kepalan kita berbeda. Serat sebanyak ini dapat kita konsumsi dengan makan sayur masing-masing satu kepalan tangan setiap sarapan, makan siang dan makan malam. Pada saat makan selingan pagi dan selingan sore kita konsumsi buah sebanyak masing-masing satu kepalan tangan. Alhasil, kita dapat konsumsi makanan berserat sebanyak lima kepalan tangan sehari. Selamat mencoba!